Review Buku Heroes Of Olympian – The lost Hero, Rick Riordan

Judul Buku : Heroes Of Olympian – The lost Hero
Pengarang : Rick Riordan
Penerbit : Disney-Hyperion Book (Versi Asli – Amerika)
Tahun Terbit : 2010
Jumlah Halaman : 557 (Edisi pertama cetakan Amerika)
Genre : Fantasy, Mitologi Yunani - Romawi
Pe review : Lavelia Permata C

The Lost Hero adalah buku pertama dari pentalogi ke dua dalam Riordanverse (alam semesta ciptaan Rick Riordan). Buku ini mengambil setting kejadian setelah buku ke 5 dari pentalogi sebelumnya “Percy Jackson and Olympian”. Dalam buku ini bercerita tentang keadaan setelah Battle Of Manhattan dimana para Demigod (Blasteran manusia dengan dewa – dewi Yunani) yang dipimpin oleh Percy Jackson, Putra Posseidon (Dewa laut) yang kehadirannya telah di ramalkan oleh Oracle Delphi berhasil mengalahkan para Titan yang dipimpin oleh Kronos, sang raja Titan yang notabene adalah ayah dari para Dewa-Dewi Olympus. Percy Jackson pun kembali ke kemah Blasteran, tempat teraman bagi para Demigod dan menghabiskan sisa musim panas setelah mendengarkan ramalan besar selanjutnya dari Oracle Delphi bersama dengan Anabeth Chase kekasihnya yang merupakan Putri dari Athena (Dewi kebijaksanaan dan strategi perang), sebelum kemudian tiba – tiba Percy menghilang dari kabin nya tanpa meninggalkan jejak sama sekali.

Anabeth yang mengikuti petunjuk dari mimpinya (semua demigod memiliki mimpi yang merupakan pertanda atau peringatan akan kejadian di masa depan) untuk mencari Percy malah menemukan tiga orang demigod. Leo Valdez – yang kemudian diklaim sebagai- Putra Hephaetus (Dewa pengrajin besi dan benda mekanik). Piper Mclean, Putri Aphrodite (Dewi Cinta) dan seorang demigod yang terkena amnesia bernama Jason yang menyebut segala sesuatu dengan nama romawinya. Ketiganya dibawa ke perkemahan blasteran oleh Anabeth.

Setiba di kemah blasteran, Jason mulai memiliki ingatan bahwa dia adalah Putra Jupiter (aspek Romawi dari Zeus). Tetapi dia masih tidak memiliki ingatan tentang dari mana dia berasal dan dimana dia mendapat tato SPQR di lengannya yang merupakan singkatan dari “Senatus Populusque Romanus”- Senat dan rakyat Romawi-. Jason, Leo dan Piper pun mendapatkan misi untuk menyelamatkan Juno (Aspek Romawi dari Hera) yang dikurung oleh Raksasa keturunan Gaia (Ibu Bumi) untuk memulai rencana pembangkitan Gaia dan menuntut balas atas kekalahan anaknya yang lain, Para Titan.

Akankah Leo, Jason, dan Piper dapat menyelamatkan Juno? Apakah Jason akan mendapatkan kembali memorinya yang ternyata dicuri oleh Juno? Dan dimanakah Percy Jackson? Semua dimulai dari ramalan besar yang diucapkan oleh Oracle Delphi:

Seven Half – Bloods Shall Answer The Call (Tujuh Blasteran Harus Menjawab Panggilan)
To Storm or Fire The World Must Fall (Dengan Badai atau Api Dunia akan Binasa)
An Oath To Keep With A Final Breath (Sebuah Janji yang Dijaga Dengan Nafas Terakhir)
And Foes Bear Arms To The Doors Of Death (Dan Musuh Bergandengan Tangan Menuju Gerbang Kematian).

Saya pribadi sangat menyukai mitologi terutama mitologi Yunani, dan saya semakin mengenal mitologi ini karena membaca Percy Jackson dan dewa Olympus. Sehingga seri Heroes Of Olympus pun sangat menarik untuk dibaca, dengan gaya bahasa yang sederhana dan sangat mengekuti perkembangan jaman. Novel ini adalah buku sejarah yang dikemas secara modern dan dangat mudah untuk diikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar