Rabu, 15 Juli 2020

Resensi Buku Saatnya Bercerita, Sofie Dewayani dan Roosie Setiawan

Judul Buku: Saatnya Bercerita
Penulis: Sofie Dewayani dan Roosie Setiawan
Penerbit: Kanisius
Tahun Terbit: 2018
Tebal: 103 halaman
Genre: Nonfiksi
Peresensi: Vivi Nadhor

Segala sesuatu yang diperkenalkan sejak dini akan lebih lekat jika dibanding dilakukan di usia dewasa. Apapun itu, termasuk pula literasi. Para orang tua sendirilah yang perlu getol "iklan" kepada anak akan pentingnya membaca, dengan cara mengajaknya bercerita sembari membuka buku agar ia tertarik dan menjadikan aktifitas membaca buku sebagai candu.

Buku ini membahas fondasi literasi dengan menarik, berdasarkan pada kekuatan cerita dan kata. Sofie dan Roosie (dua penulis buku ini) tidak mendasarkan kemampuan literasi anak dalam membaca dan menulis saja. 

Selama ini beberapa orang tua keliru, lalu menganggap literasi anak diawali saat bisa membaca dan menulis. Tetapi dalam buku ini justru sebaliknya, literasi dimulai saat anak bisa mengenal makna kata dan cerita.

Bahwa ternyata mengenalkan literasi pada anak bisa dilakukan lebih dini dengan cara yang asik tanpa berlebihan membebani anak untuk segera mampu membaca dan menulis.

Jika literasi disalahpahami, maka bisa berdampak salah sikap, seperti akhirnya orang tua dan guru-guru di TK atau PAUD menuntut anak-anak untuk belajar huruf, memahami angka, mulai menulis dan membaca. Hal ini menurut pendapat Sofie dan Roosie adalah keliru, karena sama saja memberi beban berlebih terlalu dini sehingga membuat anak-anak menjadi bosan untuk belajar. Maka lebih tepat kenalkan literasi sejak dini berupa pengenalan kosakata dan makna cerita melalui kisah semacam dongeng, bercerita melalui lagu anak, musik dan permainan-permainan yang menarik.

Pemahaman makna kata dan cerita akan sangat membantu si anak saat nantinya belajar membaca dan menulis. Sebab banyaknya kosa kata yang didapatnya dari mendengar cerita bisa membantu pemahaman terhadap teks yang dibaca dan ditulisnya. Dan sesungguhnya seorang anak dinilai siap untuk bersekolah apabila ia menguasai banyak kosakata.

Tidak tumbuhnya minat membaca pada anak, sebagian disebabkan oleh fakta bahwa literasi dini tidak ditumbuhkan pada tiga tahun pertama kehidupan anak dengan cara yang tepat. Buku ini memberikan tips-tips yang mudah untuk dilakukan, memberikan motivasi, menjadi pemantik inspirasi kepada orang tua untuk berbicara sebanyak mungkin kepada anak, mengoptimalkan proses pengenalan literasi tanpa membebani dan sesuai tahapan usianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *