Review Paket Lengkap + Rabbit Hole Id, Devi Raissa

Judul Buku : Paket Lengkap + Rabbit Hole Id
Penulis : Devi Raissa 
Ilustrator : Guntur G.
Penerbit : PT Lubang Kelinci Indonesia, Jakarta
Genre : Children Literature, Fiksi
Nama Pe-review : Okta
Review buku : 

Paket lengkap + dari Rabbit Hole id mencakup semua seri yang diterbitkan oleh PT Lubang Kelinci Indonesia. Salah satu karya anak bangsa, yaitu Devie Raissa dan Guntur G. yang berkiprah di literasi anak (bayi sampai usia SD) yang konsep, penerbitan sampai pemasaran dihandle oleh mereka berdua. Sayangnya, di bulan April 2018 ini, PT Lubang Kelinci Indonesia akan ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sedih, karena produknya sangat bagus dan mudah dipahami anak-anak. 

Paket Lengkap + mencakup:

* Paket Bayi (untuk usia 0-2 tahun) 
* Paket Toddler (untuk usia 1-3 tahun)
* Paket Pra-sekolah (untuk usia 3-7 tahun)

Jadi, di dalam paket ini bisa ditemui buku yang berjenjang untuk usia 0-7 tahun. Meskipun ada rentang usianya, kesamaan yang dimiliki di tiap bukunya adalah tulisan yang jelas dan besar, permainan warna yang kontras baik antar tokohnya maupun dengan balon kata-katanya. Besar ukurannya pun disesuaikan dengan usia anak.

Di rangkaian yang untuk usia bayi, diberikan mini book yang tebal dan ukurannya enak untuk digenggam si kecil, bahkan di salah satu yang berjudul Hoaam diberikan dalam bentuk soft book. Menurut saya benar-benar soft bahannya, berbeda dengan soft book lain yang ada bagian kresek-kreseknya bila diremas, di buku ini semua soft, mungkin supaya aman dan enak juga untuk kenyamanan bayi ya. 😊

Buku yang memberikan kreasi 'wayang' dibuat sendiri melalui puzzle dan diberikan stik ice cream beserta tali kasur untuk merangkainya melengkapi tampilan cerita yang juga melatih motorik halus anak-anak. Di buku paket untuk toddler, rangkaiannya sudah mulai bervariasi dimana ada tekstur di tokohnya, atau gambar-gambar yang bisa digeser-geser sehingga bisa berubah sesuai urutan cerita (jadi penasaran membuat ingin membedah bukunya untuk melihat bagaimana cara menyusunnya hehehe). Salah satunya di buku Hop yang menceritakan tumbuh kembang mahluk hidup salah satunya misalnya ikan, di situ diceritakan perubahan dari telur menjadi ikan dimana ada partisi yang bisa digeser-geser oleh anak untuk melihat perubahannya. 

Di buku Hmmm mengenai mengenal emosi diberikan ilustrasi yang lebih besar (1 halaman 1 gambar) diperkaya dengan tekstur yang diwakili oleh bunga-bunga 3 dimensi atau manik dengan warna yang mewakili isi ceritanya. Fitur pop-up juga diberikan di buku yang berjudul Kado yang Menakjubkan. Pop-upnya tampak sederhana, tetapi menarik perhatian karena tidak terganggu dengan tulisan-tulisan atau ilustrasi-ilustrasi yang lainnya.

Di tingkatan usia yang lebih tinggi lagi, salah satu cerita mengemai Kisah Pedagang dan Tabib malah diberikan dengan cara yang kreatif sekali dimana cerita diberikan per kartu. Satu kartu dibacakan bila anak telah berhasil melalui waktu puasanya. Konsep kartu cerita bersambung ini menyemangati anak untuk berpuasa dan bila berhasil diberikan hadiah per 1 kartu sampai nanti akhirnya lengkap 1 rangkaian ceritanya. Kartunya pun dikemas dalam 1 amplop, jadi anak berasa mendapatkan 'angpao' yang ditunggu-tunggu. 


Kelengkapan-kelengkapan yang menarik seperti wayang, permainan ular tangga, CD, mengisi titik-titik bagian yang kosong dan memainkan kartu huruf memang belum saya coba ya, hehehe karena masih sayang dipakai, tunggu dikasih rejeki anak dulu supaya bisa menikmati bersama. Secara umum kesan saya terhadap rangkaian buku yang ada di paket ini adalah kreatif, menyenangkan dan memudahkan untuk dibahas, dibaca serta dicoba bersama dengan anak. Bahan kertasnya pun tebal jadi rasanya apabila nanti diremet-remet sama anak pun tidak akan mudah robek. Bagi yang tertarik bisa memesan langsung di ig @rabbitholeid atau reseller  @imaji.rasyaruna yang menyediakan alternatif menyicil sehingga meringankan untuk membeli. Sebentar lagi buku berkualitas ini sudah tidak akan beredar lagi, jadi tidak ada ruginya loh menjadikan buku-buku terbitan PT Lubang Kelinci Indonesia ini ada di koleksi buku anak kita. 

"Tujuan dari Rabbit Hole adalah mengenalkan anak pada dunia membaca yang menyenangkan, serta sebagai sarana orang tua dan anak untuk mendekatkan hubungan" 
- Devie Raissa -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar