Kamis, 28 Februari 2019

Resensi Buku P.S. I Love You, Cecilia Ahern

Judul Buku: P.S. I Love You
Penulis: Cecilia Ahern
Penerbit: Gramedia
Tahun Terbit: 2013
Genre: Fiksi Drama Romansa
Jumlah Halaman: 632
Nama Pereview: Rima Juwitasari
Review Buku:

P.S. I Love You merupakan novel pertama karya Cecilia Ahern, seorang penulis berkebangsaan Irlandia, pada 2004 dan menjadi novel sukses yang menduduki peringkat pertama di Irlandia dan beberapa negara lainnya. Kisahnya sendiri bercerita tentang Holly Kennedy yang menjalani hari-harinya selepas ditinggal mati oleh suaminya, Gerry. Holly begitu mencintai Gerry dan merasa sangat kehilangan dan berfikir bahwa kehidupannya juga ikut berakhir bersama kepergian Gerry. Dia merasa tak mampu menjalani kegiatannya sehari-hari seperti biasa. Holly hancur. Namun untungnya, Holly tak sendiri. Dia masih memiliki keluarga dan sahabat-sahabat yang selalu mendukungnya. Terlebih lagi, ternyata Gerry telah meninggalkan Holly surat-surat untuk dibukanya setiap bulan selama setahun setelah kepergiannya. Bagi Holly, surat-surat ini terasa seperti kehadiran Gerry di sampingnya yang membantunya untuk bangkit kembali.

Membaca P.S. I Love You terasa menyenangkan dengan alurnya yang ringan dan mudah diikuti. Namun beberapa kali saya merasa bosan karena cerita yang begitu datar tanpa ada suatu konflik yang terasa menendang. Sampai di hampir penghujung novel, ada suatu kejadian yang saya pikir akan menjadi konflik utama dari cerita, yaitu ketika Holly dipergoki orangtua Gerry (mantan mertua, eh, mantan bukan, ya?) habis makan malam bersama dengan seorang teman lelaki, hanya berdua saja. Saya kira, konflik akan berkembang menjadi sesuatu yang berat, namun ternyata tidak. Kejadian tersebut berlalu begitu saja.

Yang menjadi nilai positif dari novel ini adalah akhirnya yang di luar dugaan. Selain itu, karakter-karakter yang dibangun Cecilia kebanyakan sangat menyenangkan, termasuk kedua sahabat Holly: Sharon dan Denise. Hubungan ketiga karakter ini semacam membangkitkan kenangan bagi saya tersendiri yang pernah juga memiliki dua sahabat perempuan terdekat. Jadi ketika mereka bertiga sedang berkumpul bersenang-senang, saya dapat ikut merasakan sensasinya.

Membaca P.S. I Love You memberi pemikiran-pemikiran baru bagi saya. Melihat Holly yang begitu merana tanpa Gerry, membuat saya tersadar bahwa waktu-waktu yang tersisa bagi saya bersama suami adalah hal yang berharga melebihi apapun. Selain itu, konflik di antara Holly, Sharon dan Denise menyadarkan saya bahwa kita harus bisa merasa peka dengan keadaan orang lain, dan kita juga harus bisa mencoba memandang hal dari sudut pandang orang lain, niscaya kita bisa menjadi orang yang lebih bijaksana lagi.

Novel ini cocok bagi pembaca yang menginginkan bacaan ringan dan lucu, namun penuh kesan. Dari 5 bintang, saya memberi 3,6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Pemesanan Suvenir

Pemesanan Suvenir

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *