Kamis, 23 Mei 2019

Resensi Buku Moral Code, Patrick Kellan

source: bukalapak
Judul buku: Moral Code
Penulis: Patrick Kellan
Jenis: Antologi Cerpen
Oleh: Najhaty Sharma

Patrick Kellan adalah penulis yang masih asing di kalangan umum, tapi begitu populer bagi puluhan bahkan ratusan ribu bagi anggota grup KOMUNITAS BISA MENULIS yang didirikan oleh Mbak Asma Nadia.

Pada mulanya, Patrick Kellan tanpa sengaja  membagikan tulisan-tulisannya dalam grup. Begitu produktif dengan tema beragam. Lalu berhasil mendapat reaksi luar biasa dan memiliki fans tersendiri dalam setiap karyanya. Tulisannya memang relatif sederhana, mengingat pakem-pakem kepenulisan yang ia pegang adalah menulis dengan hati, jauh dari tulisan yang melambai atau dramatis, namun tulisannya ini mampu menggunggah hati banyak orang untuk semakin terasah mata hatinya, semakin peka, mengamati hal-hal terkecil dalam kehidupan sosial, dan berhasil menguras air mata. Pendapat itu akan nampak di ribuan kolom komentar dalam setiap tulisan yang ia unggah.

Cerita pendek yang ia suguhkan sungguh mengandung makna yang dalam, syarat pesan moral dan pelajaran hidup. Saya merekomendasikan buku-buku ini dibaca semua kalangan, baik emak-emak, bapak-bapak, dewasa, remaja dan bahkan anak SD.

Karena hampir semua cerita dalam moral code ini menyentuh berbagai lini dalam kehidupan sehingga bisa dinikmati semua usia.

Ia telah menulis 6 buku termasuk novel dan dua antologi moral code 1 dan 2.

Tak terhitung jumlah cerpen yang berhasil membuat saya berkaca-kaca bahkan menangis sesenggukan diantaranya, "ikhlas",  "selamat pagi sayang" , "Seragam" ,  "Martabak Tak Terbeli" dan cerpen "Percaya" , yang terakhir kali saya sebutkan ini mengisahkan tentang bagaimana perjuangan suami istri membesarkan anak semata wayangnya yang autis.

Selain memiliki pesan moral yang kuat, tulisan Patrick Kellan ini juga banyak yang telah melalui tes pasar publik yang mana bukan hanya orang yang kutu buku saja yang akan menyukai tulisan-tulisannya.

Ia memang bukan penulis yang gemar bermain kata atau analogi, tapi saya yakin tulisannya berhasil mengetuk hati pembacanya untuk lebih dalam lagi menggali arti keluarga, persahabatan, kejujuran, keikhlasan dibalut dalam cerita-cerita pendek yang jauh dari kata menggurui.

Untuk ukuran sebuah buku tentang pesan moral saya beri nilai 9. Tapi untuk buku sastra mungkin saya beri nilai 7.

Satu lagi informasi tentang Patrick Kellan. Ia adalah penulis yang merahasiakan pribadinya. Termasuk wajah dan nama asli. Sejauh ini undangan-undangan sebagai juri sebuah event hanya dia lakukan melalui online saja.

Entah untuk beberapa tahun ke depan, apakah ia masih akan merahasiakannya atau tidak. Mengingat ia baru populer dalam dua tahun terakhir ini.

Oya, terakhir saya tutup dengan tagline dalam buku moral code 1 " Biar ragamu saja yang mati, jiwamu tetap menjadi penasehat bumi lewat tulisan yang kau tulis dengan hati"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Pemesanan Suvenir

Pemesanan Suvenir

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *