Kamis, 27 Juni 2019

Resensi Buku Gus Mad Jampes, Abdullah Syarifuddin

Judul Buku: Gus Mad Jampes
Penulis: KH. Abdullah Syarifuddin
Penerbit: Lembaga Ponpes Al-Hidayah
Jumlah Halaman: 205
Genre: Non fiksi, otobiografi
Peresensi: Nurul Farida Wajdi

Review:
Seorang kiai adalah sosok central dalam pesantren. Terkadang sosoknya juga unik tak terduga. Seperti dalam buku berjudul "Gus Mad Jampes" ini, penulis yang juga seorang santri dekatnya (khodim) dengan segala pengalaman saat bersama Gus Mad.

Ada 3 hal penting yang tersaji dalam buku ini, diantaranya uswah hasanah, karamah dan kenangan hidup bersama Gus Mad.

Uswah hasanah yang diceritakan, merupakan keseharian Gus Mad bagaimana sikapnya kepada santri dan kepada siapapun. Khususnya kepada santri, beliau sangat dekat dan akbrab. Banyak sekali hal yang menjadi alasan kedekatan Gus Mad dengan santrinya. Selain itu, uswah hasanah lain yang ditonjolkan adalah semangatnya dalam mengaji.

Bagian selanjutnya adalah karamah, yakni kelebihan di luar kebiasaan beliau sebagai manusia umumnya. Dalam hal ini sering nampak ketika masa rusuh PKI. Gus Mad adalah peran dibalik kemenangan masyarakat waktu itu.

Dan bagian terakhir adalah kenangan hidup, yang memuat bagaimana kisah berkesan K.H.Abdullah Syarifuddin (sebagai penulis) saat menjadi santri Gus Mad.

Menurut saya, buku ini bagus untuk men-charge hati dan fikiran tentang perjuangan. Juga menyemai kembali bibit cinta kepada ulama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Pemesanan Suvenir

Pemesanan Suvenir

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *