Selasa, 17 Desember 2019

Resensi Buku Pahlawan Kota Kita, Meutia, Rizka Lizhardy, dkk

Judul: Pahlawan Kota Kita
Penulis: Meutia, Rizka Lizhardy, dkk
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2019
Genre: Fiksi
Peresensi: Ihdina Sabili

Mengenal Profesi Mulia bagi Kacamata si Belia

Dalam kacamata anak kecil, profesi yang kerap mereka kenal mungkin masih seputar dokter, polisi, guru, atau profesi lain yang cukup mudah ditemui di kehidupan nyata. Sedangkan 12 profesi yang ditulis oleh anggota komunitas Kumpul Dongeng ini profesi yang masih belum umum dikenal. Cerita-cerita sederhana seperti ini semestinya diperbanyak untuk memperkaya wawasan putra-putri penerus bangsa.

Pahlawan adalah sosok yang sangat berjasa. Saat ini pahlawan bukan saja mereka yang berjuang melawan penjajah. Orang-orang di sekitar yang bekerja demi kepentingan bersama juga layak disebut pahlawan. Begitulah sekiranya latar belakang pembuatan buku ini. Profesi-profesi yang masih belum banyak dikenal orang namun sangat diperlukan jasanya.

Mulai dari tukang parkir bandara, kakak pemandu di kebun binatang, hingga sopir ambulance dan tim SAR. Anak-anak tentunya sangat perlu dikenalkan dengan profesi-profesi seperti mereka. Bahkan jasa mereka begitu besar hingga mempertaruhkan nyawa. Harapan besar ketika cerita inspiratif ini ditanamkan ke mereka adalah memberi teladan yang baik atas jasa mereka. Sehingga menumbuhkan figur suka menolong dan kepekaan sosial yang tinggi.

Di setiap akhir cerita ditambahkan keterangan deskripsi profesi tersebut. Sehingga dalam setiap kisah yang dituliskan, pendongeng dapat menyimpulkan dengan informasi yang lengkap sembari si anak masih dalam fokus menyimaknya. Mendongeng masih menjadi pilihan utama dalam mengambil perhatian seorang anak, khususnya usia balita. 

Buku ini juga bisa dibaca sendiri oleh anak, karena sudah cukup menarik dengan ilustrasi yang melengkapi tiap ceritanya. Ilustrasi yang menghiasi segenap layout buku membuat anak yang membaca akan meliarkan imajinasinya. Apalagi jika sudah pernah dibacakan beberapa kali oleh orang dewasa sebelumnya. Hanya saja ragam profesi yang dituturkan di dalam buku ini masih di sekitar kota besar. Akan lebih lengkap jika menjangkau profesi-profesi lain di area pinggiran kota atau pedesaan. Sehingga segmentasi pembaca juga bisa terjangkau lebih luas ke seantero negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *