Rabu, 11 Desember 2019

Resensi Buku Sherlock Holmes, Teka-Teki Hilangnya Nona Hatty Doran. Sir Arthur Conan Doyle

Judul Buku: Sherlock Holmes, Teka-Teki Hilangnya Nona Hatty Doran
Pengarang: Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit: Narasi
Tahun Terbit: 2013
Jumlah Halaman: 156 Halaman
Genre: Fiksi
Peresensi: Mustamimul Rofiqoh

Dia adalah detektif legendaris yang tak bisa mati. Semua kisahnya menarik untuk dibaca seperti pada buku ini. Kisah ini menceritakan tentang pernikahan Lord Simon, seorang bangsawan yang tinggal di daerah elit. Pada saat pernikahannya dengna Hatty Doran, putri seorang miliarder asal Calofirnia. Setelah pernikahan tiba-tiba istrinya menghilang dan Lord Simon sangat putus asa mencarinya. Media pun heboh memberitakan hilangnya Hatty Doran.

Detektif Scotland Yard, Inspektur Lestrade menemukan gaun pengantin beserta cincin kawin milik Hatty Doran yang hanyut di kolam taman beserta secarik pesan berinisial F.H.M. Namun keberadaan Hatty Doran tetap menjadi misteri. Banyak yang menduga jika Hatty Doran sudah tewas di kolam. Namun berbeda dengan Holmes, dia mencium aroma konspirasi. Sehingga Holmes sangat bergairah untuk menyelesaikan kasus ini. Dibantu dengan sahabat baiknya Watson.

Meskipun bukti sudah ditemukan, namun Hatty Doran tidak kunjung ditemukan, dan penyeledikan mengalami jalan buntu. Sedangkan Holmes menemukan benang merah dari secarik pesan dengan inisial F.H.M. Di tempat lain Holmes berhasil menemukan Hatty Doran berkat pesan tersebut. Hatty Doran ditemukan dalam keadaan selamat bersama kekasih terdahulunya.

Kepada Holmes, Nona Doran menjelaskan semua yang terjadi pada saat pernikahannya mendengan Lord Simon. Bahwa sejak awal dia tidak mencintai Lord Simon, namun akan berusaha sekuat tenaga menjadi istri yang baik. Namun di tengah upacara pernikahan terjadi hal diluar dugaan, Doran melihat kekasihnya yang disangka sudah meninggal di Afrika. Dari situ pikiran Doran menjadi kalut dan menerima pesan rahasia dari kekasihnya. Secepat kilat persekongkolan terjadi, Doran kabur mengikuti kekasihnya dan membuat seolah-olah Doran tewas hanyut.

Dengan bantuan Holmes, ahirnya Doran dan kekasihnya menemui Lord Simon dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi serta mengakui semua perbuatan mereka. Beruntung Lord Simon mau berbesar hati dan tidak menuntut Doran bersama kekasihnya. Meskipun begitu Lord Simon tetap merasakan sakit yang teramat sangat. Kisah berahir dengan kepergian Doran dan kekasihnya ke tempat yang jauh. Dan Holmes merahasiakan itu semua dari publik. Biarlah semua orang mengira Doran menghilang.

Holmes memang memiliki daya nalar dan daya pikir yang sangat tajam. Dia sanggup menangkap hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain. Dan hal ini sering mendatangkan keheranan bagi orang lain. Kisah Holmes memang tidak jauh dari pembunuhan dan penculikan, namun selalu ada kejutan pada tiap kisahnya. Jadi pembaca tidak akan bosan dengan jalan critanya. Selalu terpesona dengan kisah Holmes dan tidak bosan untuk terus membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *