Minggu, 06 September 2020

Resensi Buku Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku, Ivan Lanin


Judul buku: Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku
Penulis: Ivan Lanin
Penerbit: Qanita
Tahun terbit: 2020 (cetakan kedua)
Jumlah halaman: 138
Peresensi: Almas Mustofa

Buku Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku berisi kumpulan tulisan terpilih Ivan Lanin di sosial media, khususnya Twitter.

Melalui buku ini, Ivan Lanin yang dikenal sebagai wikipediawan pecinta bahasa Indonesia, menyampaikan ilmu kebahasaan dengan cara yang ringan dan menyenangkan. 

Selain mengenalkan beragam istilah baru dan cara penulisan kata yang tepat pada para pembaca, di dalam buku ini juga disertakan banyak tautan ilmu bahasa. Sehingga pembaca yang ingin belajar lebih jauh bisa mencari sendiri melalui sumber yang telah dicantumkan. 

Perbendaharaan kata saya bertambah banyak sekali setelah membaca buku ini. Saya pun jadi tahu kalau selama ini ternyata saya sering melakukan kesalahan penulisan atau pun pengucapan. 

Satu yang agak kurang dari buku ini hanyalah pemilihan warna tulisannya. Warna biru terang cukup melelahkan untuk mata saya yang minus. Tapi itu bisa disiasati dengan memberi jeda waktu membaca halaman per halamannya. 

Untuk Anda yang ingin mengasah keterampilan berbahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan, buku ini wajib dimiliki. Dengan semakin terampil berbahasa, semoga juga menjadikan kita semakin mencintai bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *