Home Ads

Rabu, 14 September 2022

Prenatal Gentle Yoga, Kunci Melahirkan dengan Lancar, Aman, Nyaman, dan Minim Trauma, Karya Yesie Aprillia @bidankita


Judul Buku: Prenatal Gentle Yoga, Kunci Melahirkan dengan Lancar, Aman, Nyaman, dan Minim Trauma

Pengarang: Yesie Aprillia @bidankita

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2022

Jumlah Halaman: 283

Genre: Nonfiksi

Peresensi: Iffah Hannah

Saya pertama kali tahu Bidan Yesie ya di Instagram. Kalau teman-teman punya akun Instagram, bisa cari username @bidankita, itulah akun Bidan Yesie. Konten-konten Instagramnya bagus-bagus, berkisar di isu-isu kehamilan dan kelahiran. Saya termasuk yang agak menyesal terlambat tahu Bidan Yesie, mengingat kehamilan dan proses melahirkan saya dulu yang pertama sangat penuh drama. Mungkin kalau saya tahu Bidan Yesie dulu, mengikuti konten-konten edukatifnya, membaca bukunyq, dan memberdayakan diri mungkin proses melahirkan saya akan lebih minim trauma.

Berawal dari sering scroll akun Bidan Yesie dan sedikit terhipnotis tagline yang sering beliau ulang-ulang "knowledge is power" (rasanya agak gimana sebenarnya membaca slogan terkenal milik Foucault ini), saya akhirnya memutuskan untuk membeli buku-buku Bidan Yesie, salah satunya Prenatal Gentle Yoga ini. Sebetulnya sebagian besar buku ini berisi panduan gerakan-gerakan yoga yang aman dilakukan oleh ibu hamil mulai dari trimester 1, trimester 2, trimester 3, dan juga ketika kontraksi menjelang persalinan. Panduan yoga ini juga disertai dengan teori-teori dasar keamanan yoga untuk ibu hamil dengan mempertimbangkan kondisi fisik masing-masing ibu hamil yang pasti berbeda satu sama lain. Tapi, tidak cuma terbatas soal penjelasan mengenai gerakan yoga saja. Bidan Yesie menjelaskan persoalan yang paling penting yang harus diketahui ibu hamil untuk mengikhtiarkan proses persalinan yang paling nyaman dan minim trauma untuk ibu hamil yaitu knowledge, mindfulness dan awareness, trauma healing, breath, relax mind, mind body and baby balance, mobility and gravity during labor, dan gentle birth provider and support yang semua dijelaskan satu per satu dengan mendetail.

Singkatnya, melalui buku ini, Bidan Yesie mengajak para ibu hamil untuk memberdayakan dirinya, untuk belajar, untuk memperkaya pengetahuan terkait kehamilannya dan persiapan kelahiran bayinya. Proses melahirkan yang aman, minim trauma, dan nikmat mustahil bisa dicapai begitu saja, tetapi harus diupayakan dengan pengetahuan, latihan fisik untuk mempersiapkan kelahiran, ketenangan batin, serta upaya-upaya pendukung lainnya. 

Buku ini sangat bagus dibaca oleh para ibu hamil atau yang sedang menjalani program hamil sebagai tambahan pengetahuan untuk persiapan selama masa kehamilan dan menjelang persalinan. Pada akhirnya, semua kembali ke masing-masing ibu untuk menjalani proses kehamilan seperti apa, disesuaikan dengan kondisi fisik dan psikis masing-masing, namun pengetahuan yang mencukupi akan sangat membantu para ibu untuk membuat keputusan-keputusan terbaik bagi dirinya dan bayinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *