Review The Mysterious Mr. Quin, Agatha Christie

Judul Buku: The Mysterious Mr. Quin (Mr. Quin yang Misterius)
Pengarang: Agatha Christie
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2008
Genre: Fiksi
Jumlah Halaman: 392
Nama pe-review: Mustamimul Rofiqoh



Buku ini tidak berbeda jauh dari karya Agatha Christie sebelumnya. Masih bercerita seputar misteri pembunuhan atau hilangnya seseorang. Namun pada buku tersebut lebih banyak menceritakan kejadian yang dialami oleh Mr. Satterthwaite. Dan pada setiap kejadian pasti muncul Mr. Quin, Mr. Satterthwaite menyadari bahwa setiap kali Mr. Quin muncul pasti diikuti bahaya yang berlatar brlakang tragedi dan pembunuhan.

Buku ini berisi 12 kasus pembunuhan, skandal dan peristiwa bunuh diri yang sangat membingungkan. Mr. Satterthwaite menyelidiki dan memecahkan kasus pembunuhan ini, serta menyibak kebenaran yang ada. Dan memberikan keadilan dengan bantuan Mr. Quin.
Mr. Satterthwaite berumur 69 tahun, sedikit bungkuk dan membosankan. Tapi sangat tertarik terhadap kehidupan manusia dan seorang pengamat yang bagus. Perasaannya yang kritis akan merasakan sesuatu yang menarik sedang terjadi atau akan segera terjadi.

Dalam buku ini peranan Mr. Satterthwaite seperti seorang dedektif, satu persatu menyusuri rentetan masalah yang terjadi. Berkenalah dengan banyak orang dan pelaku sebenarnya yang seolah tanpa dosa. Merajut simpul masalah sampai mendekati pada akarnya. Pada puncaknya Mr. Satterthwaite selalu mengalami kebuntuan, dan dositulah Mr. Quin muncul sebagai dewa penyelamat. Meninggalkan jejak misterius yang nantinya sebagai petunjuk umtuk Mr. Satterthwaite dalam menyelesaikan masalah. 

Cerita favorit saya pada Bab 6 yaitu Laki-Laki dari laut. Bercerita tentang seorang lelaki tua yang sangat mencintai istrinya yang masih muda. Dan wanita muda itu memujanya dengan cara kekanak-kanakan. Dan cinta itu bisa membuat seorang lelaki menjadi seperti setan. Dia menyiksa istrinya karena dia terlalu mencintainya. Dan kisah ini berahir dengan wanita muda itu hidup bahagia sampai selama-lamanya.

Menurut saya buku ini kurang begitu menarik karena dalam memecahkan masalah terlalu cepat dan kurang berliku. Berbeda dengan seri sebelumnya tentang Hercule Poirot yang sangat mendebarkan dalam memecahkan kasus dan kita diajak berfikir untuk menemukan jawabanya. Jika 10 adalah nilai tertinggi maka saya memberi nilai 7 untuk buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar