Review Ibu-Ibu Bicara Profesional, Member Ibu Profesional Banyumas Raya

Judul Buku: Ibu-Ibu Bicara Profesional 
Pengarang: Member Ibu Profesional Banyumas Raya
Penerbit: Ibu Profesional Banyumas Raya (IPBR) melalui www.nulisbuku.com
Tahun Terbit: 2018
Genre: Antologi
Jumlah Halaman: 204
Nama pe-review: Mustamimul Rofiqoh
Review:

Buku ini berawal dari training kepenulisan yang adakan oleh IPBR dengan narasumber Bang Barid Hardiyanto. Dengan tema yang diusung "Tulislah Apa yang Kamu Kerjakan". Narasumber menantang peserta yang mayoritas ibu rumah tangga, supaya menulis apa yang dikerjakan dan menjadikanya sebuah buku. Setelah disepakati tema yang ditulis adalah "profesional" yang diungkapkan oleh para "ibu".

Grrrrr.... Banyak ibu-ibu yang pesimis dengan hal tersebut. Banyak yang mengeluhkan karena selama ini belum pernah menulis buku. Namun Bang Barid dengan semangatnya terus memacu ibu-ibu "Jika ternyata satu halaman berat, tulislah dua atau tiga paragraf. Dan jika ternyata masih terasa berat maka tuliskanlah satu atau dua kalimat saja. Dan jika masih terasa berat juga maka cukup tuliskan satu kata." kata beliau. Dan ternyata ibu-ibu telah menulis rangkaian kalimat yang tersaji dalam buku ini. Kerenn kan ternyata ibu-ibu berdaster itu.

Buku ini berisi tentang definisi profesional menurut ibu-ibu, yang dikaitkan dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Mulai dari profesional dalam mengelola waktu supaya seluruh pekerjaan rumah tangga dapat selesai dengan tepat waktu dan ada sisa waktu untuk me time. Ada juga definisi profesional dalam mengelola emosi dalam mengurus keluarga, terutama anak. Dengan tingkah polah dan kreatifitas anak, terkadang membuat ibu menjadi stres. Dengan mengelola emosi diharapkan ibu menjadi tetap waras ditengah pecahnya kondisi rumah, eaaa.

Atau profesional dalam peranananya sebagai istri, ibu dan dalam sosial masyarakat. Yang semuanya harus berimbang sehingga mendatangkan kebaikan dan keberkahan dalam hidupnya. Asiiikkk... Ibu solcan ini, ibu solehah dan cantik. Secara garis besar buku ini berisi pengalaman ibu-ibu member IPBR menjadi seorang ibu dan gambaran atau impian yang diharapkan menjadi seorang ibu yang seperti apa.

Selain tulisan, buku ini juga menyajikan beberapa puisi dengan sosok seorang ibu. Untuk ibu baru, tidak ada salahnya membaca buku ini agar menambah wawasan dan motivasi untuk menjadi seorang ibu profesional. 

Karena sejatinya setiap ibu itu berbeda tapi sama hebatnya.

Untuk terbitan pertama buku ini sudah cukup lumayan, hanya saja masih terdapat beberapa salah ketik atau pemenggalan kata yang tidak sesuai. Sepertinya pada sampul buku ada kesalahan pemilihan jenis huruf sehingga terkesan buram dan susah dibaca. Untuk layout dan design sampul dikerjakan mandiri loh oleh member IPBR. Secara keselurah untuk terbitan perdana buku ini cukup bagus dan layak dibaca.

Buibu jangan lupa bahagia ya, mau baca buku kaya apa aja kalau ga bahagia  percuma yess.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar