Minggu, 09 Juni 2019

Resensi Buku Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi, Moh. Mursyid

Judul Buku: Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi
Penulis: Moh. Mursyid
Penerbit: Azyan Mitra Media
Jumlah Halaman: 90 Halaman
Genre: Nonfiksi
pe-review: Nurul Farida Wajdi

Review:

Menurut saya, buku ini penuh dengan energi, energi untuk membangkitkan giat literasi. Selain itu juga, jika melihat dari sudut pandang penulis, buku ini merupakan representasi hasil pemikiran dan juga pengalaman. Melihat penulis adalah seorang pustakawan. Susunan bahasanya renyah, singkat, padat dan mengena.

Dalam buku ini, banyak sekali gagasan untuk gerakan literasi di masyarakat umum. Beberapa contoh yang diberikan adalah pemberdayaan membaca masyarakat sesuai kebutuhan. Misal masyarakat pedesaan, maka disipakan bahan literasi tentang peternakan dan pertanian.

Selain itu, banyak kutipan indah yang diberikan. Seperti kata Dauzan Farook 

"Buku adalah peluru untuk dijadikan senjata melawan kehidupan, apalagi di zaman globalisasi sekarang ini. Dan ilmu itu bisa diperoleh dengan membaca"

Selain itu, pemberdayaan masyarakat berbasis literasi merupakan bentuk pemberdayaan yang menekankan pada aspek baca dan menulis (literasi) di mana buku atau sumber bacaan sebagai 'amunisinya' serta perpustakaan sebagai 'penggerak' utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Pemesanan Suvenir

Pemesanan Suvenir

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *