Selasa, 16 Juni 2020

Resensi Buku Emak, Daoed Joesoef


Judul: Emak Penuntunku dari Kampung Darat sampai Sorbonne
Penulis: Daoed Joesoef
Penerbit: Buku Kompas
Tahun terbit: April 2010
Jumlah halaman: 292
Genre: Motivasi, biografi
Peresensi: Mei Fitriani

Buku ini mengandung banyak pelajaran yang bisa kita petik, baik itu sebagai orang tua terutama ibu atau sebagai seorang anak yang taat kepada orangtua. Ceritanya dikemas sedemikian rupa sehingga kita seolah menjadi seorang Daoed, anak dari sosok Emak yang sangat menginsipirasi bagi perempuan: Emak yang kaya akan pengetahuan, yang ilmunya melebihi dari perempuan-perempuan lain. 

Emak juga sosok yang luar biasa sehingga bisa mengantarkan Daoed, anaknya, menjadi seorang menteri pendidikan pada tahun 1978-1983 . Daoed banyak belajar dari Emaknya yang luar biasa. Selain menjadi Menteri Pendidikan, Daoed, anak kampung Darat di Medan Sumatera Utara inj juga menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar Docteur d'etat es sciences economiques dari Universite Pluridisiplinaires Pantheon - Sorbonne di Paris, Perancis. 

Buku ini bagus dibaca oleh semua kalangan, termasuk anak muda. Di buku ini diceritakan bagaimana semangat Daoed muda untuk meraih mimpi dan cita-cita. Ini bisa menjadi inspirasi bagi anak muda agar tidak mudah menyerah dengan keadaan. Buku ini juga bagus dibaca orangtua, agar kita sebagai orang tua bisa menuntun, membimbing, memberi dukungan, dan memberi contoh untuk anak-anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *