Rabu, 15 Juli 2020

Resensi Buku The Bricks, Kama Dwipayana

Judul: The Bricks 
Penulis: Kama Dwipayana
TEBAL: 173
Penerbit: CV. Garuda Mas Sejahtera 
Genre: Nonfiksi, motivasi
Peresensi: Shofia El-Mizan

The BRICKS adalah salah satu buku yang saya tuntaskan dalam sekali duduk. Penasaran yang menghantui, bagaimana penulis memberikan rumus untuk menjadi seseorang yang memiliki kebebasan finansial membuat saya sesegera mungkin menyelesaikannya. Tepat, 90 Menit saya selesai dan memperoleh kesimpulan sederhana tapi cukup membuat saya memiliki motivasi baru. 

Selama ini, saya memiliki prinsip "biarlah hidup mengalir seperti air.", ternyata selama ini saya salah menafsirkan dan mengimplementasikannya dalam hidup. Saya baru menyadari bahwa ikan yang hidup di air saja selalu melawan arus agar ia tetap hidup. Kalau ia mengikuti arus, pasti hanyut dan statusnya sudah Mati. 

The Bricks adalah 6 rangkaian motivasi hidup untuk meraih kebebasan finansial. Saya yakin pasti semua orang ingin meraih kebebasan finansial, termasuk saya.

Enam Langkah sederhana itu adalah:

BIG DREAM, setiap orang harus punya mimpi besar agar ia memiliki tujuan yang jelas dalam menjalani hidup. Mimpi juga dapat menjadikan kita lebih fokus dan menghemat waktu dalam meraih kesuksesan. Ketika kita mengambil Langkah tanpa Mimpi, tentu kita akan berputar-putar dan menghabiskan waktu yang lama tanpa mendapatkan apa-apa. Berbeda jika kita telah menggenggam mimpi sekuat tenaga, kita akan berjuang, mencari jalan bagaimana meraihnya. Tenaga, waktu bisa kita hemat dengan melakukan hal-hal lain yang dirasa lebih membahagiakan.

ROUTE PLANNING, menentukan langkah terdekat agar tujuan dan mimpi kita dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Kita bisa menentukan dan mempersiapkan diri kita sebaik mungkin untuk mencapai mimpi. Route Planning bisa kita lakukan dengan cara mengukur kemampuan dan keseimbangan kita untuk dapat meraih mimpi. 

IMPROVE YOUR FINANCIAL SKILL. Penulis mengajarkan bahwa mental orang kaya bukanlah mental konsumtif. Sebelum meraih kesuksesan finansial, kita harus menekan dan menahan keinginan-keinginan yang tidak sebenarnya diperlukan. Demi meraih  kebebasan Finansial seseorang harus berani menahan diri sementara waktu. Selain itu, kita harus tahu cara mengelola keuangan pribadi dengan gaya yang kita sukai. Kita bisa menggunakan aset online dan aset offline yang sesuai dengan kemampuan kita agar mendapatkan kebebasan finansial.

CREATIVE DAN EFFECTIVE. Tentunya setiap langkah dibutuhkan kreatifitas dan efektifitas, tapi bukan kerja keras. Kerja keras akan menjadikan kita lelah dan kehabisan banyak tenaga. Yang harus kita lakukan adalah menikmati kehidupan. Dengan begitu, kreatifitas akan dapat kita tingkatkan. 

KNOW HOW, kita harus memahami sedikit banyak kemampuan kita untuk mengetahui pula kekurangannya agar kita tahu bagaimana langkah terbaik untuk mewujudkan mimpi kita. Kita bisa belajar dengan menambah ilmu terhadap bidang yang kita minati, bisa seminar, perguruan tinggi, atau apapun. Temukan lingkungan yang positif, bergabung bersama orang-orang sukses yang selalu punya jiwa optimis agar kita memiliki kekuatan pendorong untuk mengalahkan pesimis yang ada dalam diri kita.

SHARE YOUR SUCCES, rasanya kebahagiaan hanya bisa diraih jika kita selalu berbagi.

Akhirnya, salam sukses!

Enam cara sederhana yang ditawarkan penulis saya rasa lebih toleran dan tidak mendikte dalam bidang tertentu. Saya tidak merasa sia-sia mengantongi enam trik ini untuk coba aplikasikan dalam kehidupan saya demi meraih kebebasan finansial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *