Rabu, 01 Juli 2020

Resensi Buku Warna-Warni Islam, Abdul Kholiq dkk

Judul Buku: Warna-Warni Islam, Potret Keragaman Umat Islam Di seluruh Dunia
Penulis: Abdul Kholiq, dkk
Cetakan 1: Desember 2012
Penerbit: Qudsi Media
Jumlah Halaman: 250 halaman
Genre: Nonfiksi, Islamic Literature
Peresensi: Rifqoh 

Agama Islam dari waktu ke waktu mengalami peningkatan dilihat dari grafik perkembangannya di berbagai negara. Bahkan di negara-negara sekuler seperti Amerika Serikat, Prancis, Belanda dan negara-negara barat lainnya, negara-negara tersebut mulai menerima Islam sebagai salah satu agama yang sah, yang dianut oleh  warganya.

Potret Islam yang tersebar di berbagai negara dunia telah menyajikan berbagai hal yang menjadi cerita unik, hal tersebut bukan terjadi secara instan, melainkan butuh proses panjang melalui pengenalan antara Islam dengan lokalitas setempat, kemudian diikuti dengan Islamisasi dalam berbagai aspek lokal, sehingga melahirkan kekhasan yang variatif sebagai penerimaan lokalitas terhadap Islam.

Buku ini banyak mengisahkan sejarah proses masuknya Islam di berbagai negara di dunia dengan menyertakan kondisi sosial budaya yang sedang berkembang saat itu, sehingga pembaca akan menjadi mafhum betapa agama Islam sangat lentur, longgar, dan bisa diterima semua kalangan, dengan berbagai macam kondisi sosial sebagaimana tujuan awalnya yaitu Islam merupakan Agama Rahmatan Lil ‘alamin.

Saat membaca buku ini, kita seperti sedang touring menikmati uniknya budaya-budaya suatu bangsa di berbagai belahan dunia yang di dalamnya telah terintegrasi dengan ajaran agama Islam, dengan tanpa mengabaikan unsur-unsur syirik yang memang harus dihindari.

Walaupun buku ini hanya mengisahkan sebagian kecil dari budaya bangsa namun kita akan menjumpai beberapa persamaan praktik tradisi keislaman di berbagai belahan dunia, seperti adanya praktik tahlilan, yasinan, pembacaan puji-pujian barzanji di Afrika maupun di negara lainnya.

Buku ini selain mencantumkan tahun perkiraan masuknya ajaran Islam, tokoh maupun pembawa ajaran Islam juga menampilkan dokumentasi berupa gambar-gambar lokasi, tempat, maupun dokumentasi sebuah acara tradisi keislaman suatu daerah.

Setelah membaca buku ini, diharapkan pembaca akan merasa bangga akan banyaknya keanekaragaman tradisi keislaman dan budaya yang berkembang di berbagai belahan dunia sehingga tidak mudah untuk bertindak ceroboh, memecah belah persaudaraan atas pertalian Islam, memiliki sikap toleransi yang tinggi sehingga Islam akan semakin kuat eksistensinya. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis disini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *