Selasa, 13 Oktober 2020

Resensi Buku Seni Melewati Masalah, Sukmadiarti, dkk


Judul Buku: Seni Melewati Masalah
Penulis: Sukmadiarti, dkk
Penerbit: Sastra Jendra
Tebal: 236 Halaman
Genre: NonFiksi
Peresensi: Vivi Nadhor

Manusia dewasa terlalu kompleks memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dipikirkan, sehingga ketika ada masalah bukannya menyelesaikan tetapi malah menikmati pikiran yang berputar-putar sampai akhirnya tidak melakukan apapun.

Untuk menyelesaikan masalah, kita tidak boleh fokus pada masalah saja, tetapi perlu mendudukkannya dalam 2 keyakinan:

karena 10% masalah dalam hidup adalah masalah itu sendiri dan 90%-nya adalah bagaimana kita merespon masalah itu, bertindak untuk menghadapi lalu menuntaskannya.

Sederhananya, kita lihat bayi. Bagi bayi, belajar berjalan adalah tantangan tersendiri. Kita bisa anggap itu adalah masalah bagi mereka. Tapi apakah mereka berhenti mencoba berjalan dan menyerah saat terjatuh? Tidak! Mereka tetap mencobanya tanpa kenal lelah. Ini bukan saja karena bayi adalah makhluk yang bersemangat, tapi juga karena mereka belum kenal kegagalan, ketidakberdayaan, dan semacamnya.

Saya sendiri awalnya membeli buku ini karena tertarik setelah mengikuti kelas zoom bersama salah satu penulisnya, lalu merasa butuh dan tertarik untuk lebih tahu tentang mengolah pikiran terutama ketika menghadapi masalah.

Banyak dari kita yang berpikir bahwa masalah harus dihindari. Padahal kalau mau mengakui, kita dapat tumbuh seperti saat ini karena peran dari masalah. Seumpama anak tangga, justru masalah yang mengantarkan kita pada derajat lebih tinggi dan mendewasakan setelah mampu mengambil hikmah darinya.

Di dalam buku Seni Melewati Masalah, kita akan diajak mengetahui seni menyelesaikan masalah yang tidak melulu dengan logika tetapi juga butuh partisipasi hati dan cinta agar tidak menjadi beban ganda (lelah fisik lelah pikiran).

Dari buku yang ditulis oleh 16 psikolog yang pakar dalam bidangnya ini kita akan dapatkan cara yang benar-benar telah teruji, memiliki alur logika yang benar dan aplikatif untuk melewati masalah, juga berbagai tips mengenai tema parenting, romansa, self healing, dan pengembangan diri.

Lebih lengkapnya, silakan temukan buku ini dan baca dengan antusias! Semoga bermanfaat, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *