Senin, 30 November 2020

Resensi Buku Muhasabah Cinta, Halimah Alaydrus


Judul Buku: Muhasabah Cinta

Penulis: Halimah Alaydrus

Penerbit: Wafa Production

Genre: Nonfiksi

Tebal: 140 halaman

Peresensi: Vivi Nadhor 


Kemarin, suamiku memberikan hadiah buku yang ditulis oleh Halimah AlaydrusMuhasabah Cinta. Sesaat selepas menerima hadiah, aku berniat akan mereview isinya. Niat itu sebagai bentuk syukur atas kesempatan bisa membaca langsung buku yang ditulis oleh Halimah Alaydrus, karena sebelumnya aku hanya bisa mendengarkan ceramah dan membaca tulisannya di medsos.

 

Penuturan yang sangat menyentuh adalah cara khas Halimah Alaydrus, baik dalam menulis maupun dalam berbicara. Secara garis besar Muhasabah Cinta memberikan panduan bagi orang yang ingin menikah atau yang sudah menikah menjaga kualitas pernikahannya.

 

Dibandingkan salat dan puasa, misalnya, pernikahan adalah ibadah terpanjang sehingga mengarunginya membutuhkan ilmu pengetahuan yang banyak. Pernikahan tidak cukup hanya dengan  bermodalkan cinta saja. Sebab, menurut penulis, menikah itu seperti awal kali lahir di bumi. Pernikahan adalah hidup baru.Kita perlu memasukinya dengan bahagia kemudian berlaku seperti balita terhadap kehidupan barunya, tidak pernah berhenti belajar.

 

Halimah Alaydrus memberikan cara sederhana dalam menjaga keharmonisan rumah tangga dengan bahasa yang ringan. Misalnya dengan tidak mengabaikan hal-hal kecil yang bisa membahagiakan pasangan --yang seringnya dilakukan oleh pasangan yang usia pernikahannya sudah berbilang belasan atau puluhan tahun. Melakukan hal-hal sederhana yang membahagiakan pasangan adalah kunci  supaya terus merasa seperti pengantin baru. Tentu ini harusmenyingkirkan gengsi untuk memulai membiasakan baik yang sering terlupa.

 

Salah satu contohnya dalam buku, bahwa "pria itu senang akan pujian dan wanita itu menyukai perhatian"Jadisaling memuji satu sama lain, memberikan perhatian kecil seperti remaja pacaran tanpa sungkan sering bertanya:

 

"sudah makan belum?"

 

"sedang apa?"

 

Kebiasan kecil penuh perhatian itu akan membuat rumah tangga yang dijalani sehari-hari penuh dengan kesumringahan yang tidak memudar.

 

Buku ini juga menjelaskan tahap-tahap dalam pernikahandengan memberikan kisah-kisah keteladanan orang-orang baik di masa lampau dan cerita baiknya kisah pernikahan masa kini.

 

Buku yang memiliki ukuran 14x15cm terasa nyaman untuk dipegang, tak terasa aku selesai membacanya dalam sekali duduk.

 

Mahasabah Cinta ini cocok untuk yang belum menikah dan yang sudah menikah, penasaran dengan detail panjangnya, langsung cari dan baca lengkapnya di buku ini ya.

 

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *