Home Ads

Senin, 30 Agustus 2021

Resensi Buku Kidzopedia Karya Dyah Umi Purnama



 Judul Buku: Kidzopedia (Keajaiban Tubuh Manusia)

Pengarang: Dyah Umi Purnama

Penerbit: Bintang Kelas

Tahun Terbit: 2017

Jumlah Halaman:197

Genre: Sains

Nama Peresensi: Iyom Alexandria

Sebagai ibu baru dan masih mencari-cari ilmu mengasuh anak, akan merasa terbantu dengan adanya buku-buku soal parenting. Ternyata kenyataannya, mengasuh anak tidak bisa juga disamaratakan. Saya memiliki anak yang tidak pernah berhenti bertanya. Apa saja dia tanyakan. Dan pertanyaan bisa dari saat dia bangun sampai dengan akan tidur lagi. Pertanyaannya semakin aneh ketika dia mulai mempelajari sekitarnya. Bunda-bunda dan ayah-ayah yang memiliki anak setipe dengan anak saya pasti mengalami kewalahan menjawab semua pertanyaan si anak. Saya ingin merekomendasikan buku yang siapa tahu bisa memuaskan hasrat bertanya si anak. Meskipun kita tahu kemungkinan untuk mencerna pemahaman belum tentu sepenuhnya si anak pahami. Ah masa bodoh, kalau kata budayawan Tanto Mendut, 

“Ngapain paham-paham banget? Paham itu mitos.”hehe

Buku kidzopedia ini merupakan buku kumpulan yang menarik untuk anak. Disertakan dengan ilustrasi yang lucu menambah minat anak berlama-lama membaca. Untuk anak yang belum lancar membaca seperti anak saya, bisa membacakannya sambil bercerita agar si anak lebih paham. Misalnya cerita kenapa kalau makan itu tidak boleh berbicara. Dibuku ini akan dijelaskan fungsi tenggorokan dan kerongkongan. Ada juga cerita soal kulit, kenapa kulit merasakan panas dan dingin. Buku ini banyak bercerita tentang bagian-bagian tubuh seperti pancaindera dan semua bagian tubuh manusia disertakan dengan fungsi dan penjelasan singkatnya. Buku ini juga menjelaskan berbagai macam penyakit pada manusia kemudian ada tips-tips menangani sakit pada tubuh. Wah, lumayan lengkap ya. Agar tidak lupa dengan yang sudah dibaca ada evaluasi untuk membantu anak-anak mengingat apa yang sudah mereka baca. Menurut saya, buku ini harus masuk dalam list wajib baca untuk anak-anak. Karena memberikan nutrisi pada otaknya adalah pilihan setiap orangtua. Apakah kita termasuk orangtua yang ingin terus mengasah rasa penasarannya atau kita akan biarkan saja anak-anak melihat dunia ini seperti semestinya tanpa diberi penjelasan. Sekali lagi, buku ini membantu saya menjawab pertanyaan anak yang selalu ingin tahu banyak hal. Bagi dia, apa yang tampak dihadapannya adalah hal yang menakjubkan sehingga dia perlu bertanya, seperti kenapa saya keluar keringat sehabis olahraga? Pertanyaan sederhana tapi sering dilupakan orang dewasa. Bagi anak-anak itu luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *