Home Ads

Jumat, 11 Februari 2022

 


Judul: Daily Insight

Penulis: Ita Fajria Tamim

Tebal: 181 halaman

Penerbit: Ziqron Studio

Tahun: 2022


“Self Discovery membawa saya pada titik baru dalam hidup saya.”

Akhir-akhir ini buku tentang self development semakin mendapat banyak tempat di rak toko buku maupun berbagai macam marketplace. Selain itu, di berbagai platform media sosial juga semakin marak mengampanyekan hal-hal yang berkaitan dengan self love dan hal-hal sejenisnya. Hal ini sangat diminati oleh para remaja atau beranjak dewasa yang sedang berada pada riuhnya persimpangan kehidupan.


Buku berjudul Daily Insight ini salah satu dari sekian banyak buku bertopik Self Development. Menggunakan bahasa yang sangat ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari membuat pembaca tak perlu terlalu berkerut memahami satu per satu judulnya. Buku ini tak bisa lepas dari sosok penulisnya. Sebagai seorang dokter, pengasuh pesantren dan tentunya penulis serta ibu rumah tangga, Ita Fajria menuliskan keseharian dalam hidupnya yang sarat pesan.


Pandangan Ita sebagai seorang anak di masa kecil mengingatkan pesan-pesan penting yang sering ia dengar dari sang nenek. Ia juga mengambil intisari dari perilaku keseharian sang ayah dan ibu, sebagai tokoh masyarakat dan pemangku pesantren yang memilki kewibawaan tinggi. Bagaimana Ita remaja tumbuh dalam lingkungan yang sangat homogen harus melanjutkan masa perkuliahan di masyarakat yang heterogan.


Penerimaan pada diri sendiri adalah landasan utama seseorang mampu menjalani hidup dengan bijak dan terbuka. Seperti salah satu judul dalam buku ini, mengenal diri sendiri menjadi langkah awal menuai serpihan-serpihan makna dan fenomena kehidupan. Bahkan bagi seorang Ita, kehidupannya juga tak luput dari insecurity, segala macam yang ada di sekelilingnya, tak berarti menjadikannya terbang di atas angin. Justru di titik itulah, berjuta pertanyaan berkecamuk hebat di dalam kepala.


Maka buku Daily Insight ini dapat dibilang merupakan sebagian jawaban dari beberapa pernyataan tersebut. Sebagai anak kepada orang tua, harus seperti apa. Sebagai istri terhadap suami, bagaimana seharusnya memandang arti hubungan dan pernikahan. Sebagai ibu, memahami anak dengan berbagai karakter tentu tak mudah. Dan sebagai seorang manusia, betapa pentingnya selalu mengingat posisi dan porsi diri sebagai hamba pada Tuhannya. 


Membaca Daily Insight mungkin seakan membaca kehidupan seorang Ita Fajria. Namun sebagai pembaca, tentu kita akan memetik hikmah penting darinya. Apalagi jika kita bisa menggunakan ‘kacamata’ yang sama dari Daily Insight untuk mengamati hidup di sekeliling kita. Sehingga dapat menjadi evaluasi dan pijakan baru kehidupan kita sendiri.


Selamat menemukan makna dalam keseharian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PerempuanMembaca

Semua penulis di sini adalah perempuan yang menyempatkan waktu untuk membaca, budaya yang hampir punah ditelan oleh kesibukan, budaya yang hampir punah tergantikan oleh membaca status sosmed atau berita versi digital. Kami merindukan aroma buku, kami merindukan rehat dan bergelut dengan buku sambi menikmati secangkir teh atau kopi.




Cara Gabung Komunitas

Cara Gabung Komunitas

Cari

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *